Service

Fumigasi

Fumigasi Adalah perlakuan yang dilakukan dengan memberikan insektisida aktif berbentuk gas pada ruangan tertutup (Enclosed Space). Fumigan (bahan aktif fumigasi) bisa dalam bentuk padatan seperti Metal Phospide yang bisa bereaksi dengan uap air akan menghasilkan gas aktif Phospine (Ph3) atau dalam bentuk gas cair seperti Methyl Bromide (Ch3br).

Fumigasi adalah : Tindakan perlakuan terhadap media pembawa dengan menggunakan bahan fumigan di dalam ruangan yang kedap udara pada suhu dan tekanan tertentu.

Fumigan adalah : Pestisida yang dalam suhu dan tekanan tertentu berbentuk gas dan dalam konsentrasi serta suhu tertentu dapat membunuh Organisme Penggangu Tumbuhan (Hama).

Fumigasi dapat dilakukan terhadap media pembawa yang diekspor atau diimpor, maupun diatar-areakan.Media pembawa dalam hal ini Organisme Penggangu Tumbuhan (OPT) dapat berupa tumbuhan (dalam keadaan dan bentuk apapun juga sejauh dapat membawa OPT), benda lain (termasuk alat angkut, peti kemas, tanah, kompos, dan sebagainya), serta sampah organik.

Untuk perlakuan fumigasi dengan menggunakan bahan fumigan dalam bentuk gas cair seperti Methyl Bromide (Ch3br) atau dalam bentuk padatan  seperti Metal Phospide yang bisa bereaksi dengan uap air dan akan menghasilkan gas aktif Phospine (Ph3).

Perlakuan fumigasi dengan contoh menggunakan Methyl Bromide dilakukan di dalam ruangan fumigasi(Chamber Fumigation),di dalam peti kemas (Container Fumigation), di bawah terpaulin (Sheet Fumigation), dan dalam ruangan lainnya sebagai perlakuan karantina tumbuhan.

Fumigasi juga dapat dilakukan untuk kapal laut, pesawat udara,silo,serta gudang arsip.

Jenis Perlakuan Fumigasi

A. Fumigasi.Full Container.
B. Fumigasi LCL.
C. Fumigasi Kapal laut & Pesawat Udara.
D. Fumigasi Palka.
E. Fumigasi Untuk perawatan kemasan kayu/Sertifikasi ISPM # 15.MB.

Pest Control
Adalah pengendalian hama yang dapat mengakibatkan berbagai penyakit kepada manusia serta lingkungannya juga menimbulkan berbagai kerusakan disekitarnya.
Adapun hama/Serangga yang dimaksud terdiri dari 2 macam :
1. Serangga merayap (Crawling Insect) contohnya : Semut, kutu, kelabang, laba-laba, dll.
2. Serangga terbang (Flaying Insect) contohnya : Nyamuk, lalat, kecoa, dll.
Pengendaliannya : dilakukan penyemprotan baik dari dalam (In door) dan di luar (Out door).
Peralatan yang digunakan :

a. Swing Fog
b. Hand Sprayer
c. Mist Blower

Termite Control
Adalah pengendalian rayap yang dapat menyerang kayu baik bangunan ataupun peralatan rumah tangga yang mengandung unsur kayu karena kayu adalah bahan yang mengandung selulosa sebagai bahan makanan rayap, disamping itu bahan kertas juga merupakan bahan yang mengandung selulos. Serta tempat lainnya yang mempunyai nilai investasi yang bernilai harganya.
Adapun jenis rayap terdiri dari 3 macam :
1. Rayap Kayu Lembab (Dump Termite)
2. Rayap Kering (Dry Wood Termite)
3. Rayap Tanah (Subterranean Termite)
Pengendaliannya :
Pada Bangunan belum jadi (Pra Konstruksi) dan sudah jadi (Pasca Konstruksi)
a. Penyemprotan tanah sisi pondasi (Soil Treatment)
b. Penyemprotan komponen kayu
c. Penyemprotan pada seluruh komponen kayu jika menggunakannya (Wood Treatment)

Rodent Control
Adalah Pengendalian hama tikus yang sangat dekat kehidupannya dengan manusia dan berperan sebagai penularan penyakit juga leptospirasis serta kerap sekali tikus sering merusak bahan makanan dan peralatan manusia baik di rumah, kantor gudang dsb.
Tikus juga sering merusak kabel listrik sehingga dapat menyebabkan korsleting bahkan mengakibatkan kebakaran.
Pengendaliannya :
1. Perbaikan lingkungan (Habitat Control)
2. Jebakan (Perangkap, lem)
3. Repiller (Gelombang suara dan Sinar Ultra Violet)
4. Kimiawi (Fumigant, pengumpanan Rodentisida Antikaugulan)

Pelatihan (kompetensi Personal)

1.       Sertifikat kompetensi operator fumigasi dengan Methyl Bromide Standar AQIS dan Badan Karantina Pertanian dari Badan Karantina Pertanian.

2.       Sertifikat kompetensi palatihan teknik fumigasi untuk helper dari Badan Karantina Pertanian.

3.       Sertifikat kompetensi operator fumigasi dengan Fosfin Sesuai dengan Standar Badan Karantina Pertanian dari Badan Karantina Pertanian.

4.       Sertifikat kompetensi palatihan sistem manajemen mutu perusahaan fumigasi dari Badan Karantina Pertanian.

5.       Sertifikat kompetensi operator fumigasi kapal bagi petugas kantor kesehatan pelabuhan (PPK) kelas I Tanjung Priok dari Departement kesehatan Republik Indonesia.

6.       Sertifikat personal traning penanganan dan Aplikasi fumigasi fosfin dari DETIA DEGESCH.

7.       Sertifikat kompetensi pelatihan penendalian hama (Pest Control) bagi supervisor dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

8.       Sertifikat kompetensi pelatihan pengendalian Hama (Pest control) bagi Teknisi dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Jasa Terkait
Rekan Kerja Provider ISPM #15
Pengurusan Phytosanitary
Tempat Penitipan Sementara sebagai Instalasi Karantina Tumbuhan (IKT)
Supplier Kemasan Kayu